LSP-PTKI

Tentang LSP – PTKI

Sejarah Singkat

Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan disingkat LSP-P1 PTKI Medan dibentuk melalui Surat Keputusan Direktur Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan Nomor: 035/SJ-IND.7.5/02/2013 sebagai upaya untuk pemenuhan amanat pasal 61 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 dan Permenristek Dikti Nomor 59 Tahun 2018, yaitu lulusan dibekali dengan ijazah dan sertifikat kompetensi. Pelaksanaan sertifikasi dilaksakan oleh lembaga sertifikasi yang dilisensi oleh BNSP sesuai dengan PP No.10 Tahun 2018 tentang pembentukan BNSP. 

LSP-P1 PTKI Medan didirikan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi terhadap mahasiswa Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan sesuai program studi yang menjadi peminatannya sehingga diharapkan lulusan Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya. Pengukuran kompetensi didasarkan pada Standar  Kompetensi Kerja Indonesia (SKKNI) yang diambil beberapa elemen kompetensi dari beberapa skema kompetensi agar sesuai dengan arah pendidikan pada setiap program studi.

 visi,misi & kebijakan mutu

 VISI

Visi LSP-PTKI Medan adalah “Terwujudnya lembaga sertifikasi profesi yang menjamin kompetensi mahasiswa Politeknik Teknologi Kimia Industri dalam memenuhi Sumber Daya Manusia industri nasional maupun internasional tahun 2025”

     MISI

    Untuk mewujudkan tercapainya visi LSP PTKI Medan, maka ditetapkanlah misi sebagai berikut :

    1. Melaksanakan Sertifikasi kompetensi terhadap mahasiswa PTKI secara profesional.
    2. Mendorong tersedianya tenaga kerja yang kompeten, professional dan kompetitif di bidangnya pada dunia Industri.
    3. Mengembangkan dan memelihara skema sertifikasi LSP P-1 PTKI.
    4. Menyediakan tenaga kerja assessor kompetensi yang berkualitas dan bersertifikasi sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi LSP P-1 PTKI.

     kebijakan mutu

    Lembaga sertifikasi profesi pihak pertama Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan memastikan kebijakan, prosedur administrasi dan pengujian berlangsung secara jujur, wajar terhadap seluruh mahasiswa PTKI sebagai calon asesi dengan memenuhi persyaratan dan peraturan di PTKI serta perundang-undangan yang berlaku lainnya.

      Tengku Rachmi Hidayani, S.Si, M.Si

      Ketua, LSP-PTKI

      Meutia Mirnandaulia, ST, MT

      Anggota, LSP-PTKI

      Enda Rasita Tarigan, S.Si, M.Si

      Anggota, LSP-PTKI

      Rika Silvany, S.Si, M.Si

      ANGGOTA, LSP-PTKI